Selasa, 10 November 2020

Ulasan VivoBook Ultra A412D

 

Ulasan VivoBook Ultra A412D - ASUS VivoBook Ultra A412D merupakan ultrabook mungil dengan layar berukuran 14 inci. Sosoknya yang kompak layaknya laptop dengan layar 13 inci berkat bezel ultraslim yang hanya berukuran 5,7 mm.

Rasio screen-to-body laptop ini memang terbilang cukup besar yaitu 87%, sedangkan di versi VivoBook A411 rasionya 77%. Bobot Versi Vivobook yang satu ini juga terbilang cukup ringan yaitu hanya 1,5 kg sehingga tidak menjadi beban saat berpergian.

Versi vivobookyang ini merupakan generasi ke-2 AMD Ryzen Mobile versi ASUS VivoBook Ultra A412 yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-8. Di Indonesia, versi AMD Ryzen tersedia dalam dua pilihan, yaitu Ryzen 3 3200U dan Ryzen 5 3500U.

Produksi prosesor Ryzen 5 3500U ini dilakukan dengan proses manufaktur 12 nm yang memungkinkan kecepatan clock yang lebih tinggi dengan konsumsi daya yang sama.

Demi kebutuhan gaming, prosesor tersebut dibekali dengan teknologi Radeon FreeSync agar game dapat berjalan mulus tanpa stagnasi. Thermal Design Power (TDP) dari prosesor ini adalah 15 watt, sehingga cocok digunakan pada laptop kelas menengah yang tipis. Pengontrol memori saluran ganda terintegrasi mendukung memori DDR4-2400.

Dari segi fitur yang tersedia, APU Picasso sama dengan APU sebelumnya yaitu Raven Ridge. Kecepatan APU 8% dibandingkan pendahulunya. Jadi jika dibandingkan dengan Ryzen 5 2500U, tentunya Ryzen 5 3500U lebih canggih dan hampir setara dengan Ryzen 7 2700U dengan rentang clock speed yang sama. Prosesor grafis Ultrabook ini menggunakan Radeon RX Vega 8 dengan clock speed 1.200 MHz.

Performa prosesor juga didukung RAM DDR4 berkapasitas 8 GB. Di website resmi asus di jelaskan bahwa vivobook yang satuini menggunakan SSD M.2 berkapasitas 256 GB,  namun pada kenyataannya hanya menggunakan hard drive 1 TB.

Berbeda dengan ASUS Vivobook Ultra A412 yang terdiri dari empat pilihan warna, ASUS VivoBook Ultra A412D tidak memiliki warna Coral Crush. Tidak banyak warna yang bisa di pilih, yang ada hanya warna transparent silver, Peacock Blue dan Slate Grey.

Paket ASUS VivoBook Ultra A412D ini berisi satu unit ultrabook beserta adaptor untuk pengisian daya. Selain itu, ada juga buku manual dan kartu garansi yang bisa di kemudian hari.

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10 Home Single Language yang dilengkapi dengan fitur login Windows Hello untuk keamanan. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengakses laptop dengan mudah dan aman. Di VivoBook Ultra A412D, tersedia sensor sidik jari di bidang sentuh.

Setting sensor sidik jari ini hanya bisa dilakukan setelah menentukan password terlebih dahulu. Setelah itu tinggal atur sensor sidik jari dari menu pengaturan lalu tambahkan PIN.

Di Windows 10, laptop dilengkapi dengan aplikasi standar seperti Calculator, Calendar, Camera, Connect, Mail, Maps, Messaging, Microsoft Edge, Microsoft Store, Outlook, Skype, Snip & Sketch, Sticky Notes, XBOX Game Bar dan lain-lain. lain. Dari ASUS sendiri, tersedia software MyASUS default untuk menggunakan System Diagnostics dan berbagi penggunaan produk ASUS.

Meski kecil, namun saat digunakan untuk menonton film bisa mengeluarkan suara yang nyaring. Laptop ini sudah menggunakan ASUS SonicMaster Sehingga akan memberikan kualitas suarayang bagus saat di dengar.

Suara yang di hasilkan sudah di proses sedemikian rupa agar suara yang di hasilkan oleh vivobook ini memiliki kualitas suara yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar