Kamis, 24 Desember 2020

Bekerja dari Rumah Agar Tetap Produktif

 

Hingga Januari 2020, seluruh negara di dunia telah mengalami penyebaran wabah virus Corona. Hingga Maret 2020, WHO menetapkan virus Corona sebagai pandemi di dunia karena telah menyerang 114 negara di dunia. Per 22 Maret 2020 terdapat 514 kasus Corona di Indonesia, hal ini mendorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan Work from Home (WFH) sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Corona.

Lebih lanjut, himbauan kegiatan di rumah tidak hanya diperuntukkan bagi pekerja, Presiden Jokowi juga mengimbau kepada para mahasiswa untuk bekerja dari rumah dan melaksanakan ibadah dari rumah.

Namun anda tidak perlu kwatir saat ini sudah ada layanan office99 yang akan mempermudah anda yang saat ini tinggal di daerah tanggerang dan sekitarnya.

Bagi sebagian orang, WFH bisa menjadi nilai plus karena tidak punya waktu untuk bepergian ke kantor dan bisa berkumpul dengan keluarga. Namun bagi sebagian orang WFH dapat menjadi penghambat karena banyak pemecah konsentrasi seperti anak, pasangan, dan urusan rumah tangga. Bagi Anda yang ingin produktif saat masa WFH, yuk simak tips WFH berikut ini:

Buat Aturan Umum

Tips pertama agar Bekerja dari Rumah (WFH) agar tetap produktif adalah membuat aturan bersama yang disepakati oleh tim Anda di kantor. Misalnya ada istirahat dari jam 12 sampai jam 1 siang untuk keperluan makan siang dan sholat. Selain itu, Anda dan tim di kantor juga bisa menerapkan aturan rapat virtual yang akan diadakan setiap pagi dengan menggunakan aplikasi Zoom, smartphone harus selalu menyala saat jam kerja, dan berapa lama jam kerja.

Membuat Daftar Kerja

Tips WFH agar tetap produktif selanjutnya adalah membuat To Do List atau daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan hari itu. Anda bisa menulis daftar pekerjaan atau target pekerjaan yang ingin Anda selesaikan dalam satu hari, satu minggu, bahkan satu bulan. Dengan membuat target pekerjaan harian, Anda bisa memilih pekerjaan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

To Do List juga dapat membantu Anda memeriksa sejauh mana kemajuan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Lebih lanjut, Tim Jones, CEO Precision Nutrition memberikan istilah pola pikir ROWE untuk dirinya dan karyawan WFH-nya. ROWE adalah lingkungan kerja yang hanya menghasilkan hasil yang berarti berfokus pada hasil kerja, bukan cara kerjanya.

Tentukan Tempat Kerja

Tips WFH produktif berikutnya adalah menentukan tempat Anda bekerja, ya, Anda akan bekerja dari rumah. Namun, Anda harus menentukan ruangan mana yang nyaman untuk bekerja.

Jika Anda merasa nyaman mengerjakan tempat tidur, Anda bisa bekerja dari kamar tidur Anda, Anda juga bisa bekerja di ruang makan dengan kursi dan meja, atau jika Anda merasa kesulitan untuk bekerja. fokus karena gangguan, baik itu pasangan Anda, anak, atau anggota keluarga lainnya, Anda dapat bekerja. dalam satu ruangan dan minta untuk tidak diganggu di ruangan itu.

Bicarakan Dahulu dengan Orang Rumah

Tak bisa dipungkiri, saat WFH pasti mendapat gangguan dari perumah tangga, baik anak, suami, istri, maupun orang tua. Oleh karena itu, untuk meminimalisir gangguan yang ada, sebaiknya Anda membuat kesepakatan dengan keluarga terlebih dahulu agar tidak mengganggu.

Anda dapat memilih untuk bekerja di ruangan tertentu dan meminta untuk tidak diganggu selama jam kerja. Bagi anda yang memiliki anak kecil, anda dapat bekerja dan bersembunyi di ruangan tertentu agar anak anda tidak memperhatikan bahwa anda berada di rumah.

Jika Anda harus melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring atau membuang sampah, Anda bisa melakukannya sebelum dan sesudah jam kerja agar tidak mengganggu produktivitas Anda.

Siapkan Camilan Sehat

Tip WFH berikutnya untuk menjadi produktif adalah menyiapkan camilan sehat. Ya, Anda tidak salah dengar bahwa camilan sehat dapat meningkatkan mood dan fokus Anda.

Buah-buahan seperti apel dan pisang yang mengandung gula alami dan kaya serat dapat anda persiapkan sehingga cocok untuk anda yang mudah lapar atau mengkonsumsi yogurt juga dapat menghilangkan rasa kantuk, selain rasanya yang asam, yogurt juga memiliki kandungan yang tinggi protein. Jangan lupa juga rutin minum air mineral. Pasalnya, saat tubuh kekurangan cairan akan menjadi lemas dan sulit berkonsentrasi

Menggunakan Layanan Internet Banking untuk Transaksi Keuangan Anda

Perbankan internet dapat memfasilitasi transaksi perbankan Anda di mana saja dan kapan saja. Penasaran dengan ciri-ciri internet banking yang bagus? Yuk, simak ciri-cirinya sebagai berikut:

Memiliki sistem keamanan yang berlapis, misalnya menggunakan 2 Factor Authentication dengan username dan password, dan MPIN untuk transaksi.

Kamu bisa top up E-money dan E-wallet (Linkaja, Gopay, Dana, M-tix, Ovo) langsung melalui smartphone kamu.

Dapat melakukan pembayaran utilitas seperti membeli pulsa, membayar tagihan listrik, kartu kredit, membeli token listrik dan pembayaran lainnya dengan cepat dan mudah.

Nah itulah tips Bekerja dari Rumah agar tetap produktif meski bekerja di rumah. Pastikan, Anda tetap makan makanan sehat dan juga berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar