Minggu, 10 Januari 2021

Kenali Penampilan Fisik Kucing Angora Secara Umum

 

Siapa yang tida mengenal kucing? Hewan menggemaskan yang bisa anda jadikan teman saat anda merasa jenuh di rumah dan biasanya hewan peliharaan ini akan membuat mood kita kembali bagus.

Karena mereka juga suka bermain dan aktif, kucing sering kali menjadi penghibur yang efektif bagi majikan mereka. Alhasil, kucing bisa langsung menghilangkan stres dan beban dari pemiliknya.

Salah satu jenis kucing yang populer di Indonesia dan banyak dijadikan hewan peliharaan adalah kucing Angora dan kucing mixdom. Tak bisa dipungkiri, kucing jenis ini banyak dikagumi karena ciri fisiknya yang anggun serta sifatnya yang supel dan suka bermain. Sehingga ikatan antara kucing anggora dengan pemiliknya bisa lebih cepat terjalin.

Namun, tahukah Anda bahwa merawat kucing itu sulit? Apalagi kucing dengan ras seperti kucing anggora ini. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli jenis kucing cantik ini, kenali dulu ciri-ciri fisik berikut cara merawatnya. Baca juga artikel di embaran.id tentang hewan peliharaan.

Namun jika tidak diteliti dengan baik, bukan tidak mungkin ras kucing Angora yang diamati merupakan hasil budidaya campur dengan jenis kucing lainnya. Untuk itu, penting bagi yang ingin membeli kucing ini untuk mengetahui dengan baik penampilan fisiknya.

Berat dan Umur

Biasanya bentuk tubuh dari kucing anggora ini akan berbeda dengan kucing rumahan pada umumnya. Untuk berat badan jantan dan betina biasanya 5 kg dan sedikit lebih ringan untuk betina. Masa hidup kucing jenis ini juga cukup lama yaitu 9 hingga 14 tahun.

Warna Mata

Kucing jenis ini memiliki warna mata yang indah dan bermacam – macam. Bahkan tak jarang ditemukan kucing Angora yang memiliki warna berbeda dari satu mata ke mata lainnya. Tentunya warna mata yang berbeda tersebut membuat kucing menjadi unik dan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Rambut yang tidak terlalu panjang dan tebal

Selain itu, kucing ini juga bisa dikenali dari bulunya yang tidak terlalu panjang. Namun, tetap padat dan bisa beradaptasi dengan cuaca.

Warna dasar bulu kucing Angora juga cukup beragam. Mulai dari putih, krem, merah, hitam, biru, dan banyak lagi lainnya. Corak pada bulu kucing jenis ini pun bermacam-macam, seperti warna solid, bicolor, calico, asap, dan juga tabby.

Bentuk Kepala dan Tubuh Yang Unik

Lebih lanjut, meski mirip dengan ciri kucing asli Indonesia, namun bentuk kepala kucing ini tetap bisa dibedakan. Cara paling mudah untuk membedakannya adalah kucing ini memiliki bentuk kepala seperti segitiga terbalik dimana bagian atas kepalanya terlihat lebar dan terus menggulung hingga ke dagu. Hidung kucing ras ini juga terlihat lebih lancip dan lubang hidungnya terlihat.

Terus ke badannya, kucing Angora memiliki bentuk fisik yang langsing dan panjang. Biasanya kucing ini akan emmiliki punggung yang panjang dan memiliki kaki yang lebih pendek. Oleh karena itu, bisa dibilang ukuran tubuh kucing ini tidak terlalu besar dan berat.

Ekor panjang dan tebal

Ciri fisik kucing Angora terakhir terlihat dari bentuk ekornya. Sesuai dengan ukuran bulu dan tubuhnya, bentuk ekor kucing ini memanjang dengan bulu yang tebal dan tebal. Jika dirawat dengan baik, kucing anggora akan memiliki ekor yang bentuknya mirip kemoceng yang umum ditemukan di rumah-rumah.

Jika ingin lebih meyakinkan, Anda bisa mengamati tingkah laku kucing ras Angora. Umumnya kucing ini memiliki tingkah laku yang anggun dan jarang ditemukan pada jenis kucing lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar