Minggu, 24 Januari 2021

Tips mencari jasa ekspor barang

 

China merupakan negara maju yang memiliki pasar bagus untuk menjual produk lokal asal Indonesia. Banyak produk lokal asal Indonesia yang berpotensi diminati di pasar Tiongkok. Terlebih lagi, kini Kementerian Perdagangan telah mengumumkan secara resmi bahwa peluang ekspor barang ke China sudah mulai dibuka kembali. Namun, beberapa bulan lalu China menutup semua akses dari luar karena situasi pandemi yang mengerikan.

Bagi kamu yang ingin mengekspor barang ke luar negeri pasti akan risih jika belum mengetahui tips mencari jasa ekspor barang ke China. Karena menentukan jasa importir ini sangat lah penting sebelum anda mengirim barang ke luar negeri.

Dengan teknologi yang semakin canggih, kemudahan bertransaksi juga semakin maju. Anda tidak perlu lelah ke luar negeri hanya untuk mengantarkan barang dagangan Anda. Namun, banyak kekhawatiran yang melintas di benak Anda saat hendak mengirim barang ke luar negeri. Kekhawatiran ini dapat mencakup keamanan, kecepatan pengiriman, biaya, dan banyak lagi. Terlebih lagi jika ini adalah pertama kalinya Anda mengirimkan barang ke luar negeri.

Anda perlu berhati-hati karena banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih jasa ekspor barang ke China. Kami akan memberikan tips bagi Anda dalam mencari layanan ekspor yang andal agar barang Anda aman sampai di tujuan tanpa rasa khawatir.

Perhatikan Biaya Pengiriman

Adanya transparansi biaya juga perlu diperhatikan karena belum dapat dipastikan setiap jasa importir barang china memiliki fasilitas seperti ini. Transparansi biaya ini termasuk biaya pengepakan dan biaya lain yang kemungkinan besar muncul di China, seperti biaya Bea Cukai, Penanganan Terminal, dan banyak lagi. Pastikan Anda mengetahui kemungkinan biaya tambahan yang akan dikenakan.

Perhatikan jaminan keamanan / asuransi

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih jasa kurir pengiriman adalah jaminan keamanan. Jangan tergiur dengan harga super terjangkau yang bikin kamu buru-buru bertransaksi. Sebelum memutuskan mengirim barang, tanyakan kepada kurir, apakah ada jaminan barang akan aman sampai ke China atau tidak. Jika ekspedisi tidak dapat mengonfirmasi hal ini, Anda harus memilih ekspedisi lain yang lebih tepercaya.

Kualitas dan kondisi barang akan sangat mempengaruhi kelangsungan penjualan Anda. Anda tentu tidak ingin barang yang Anda kirim rusak atau pecah saat tiba di China, bukan? Terlebih lagi jika produk yang Anda jual adalah sesuatu yang bernilai. Hal seperti ini tentunya akan membuat pembeli / customer merasa kecewa dan pasti akan menyerah untuk membeli produk Anda lagi.

 Legalitas perusahaan

Jaminan keamanan saja tidak cukup, Anda juga perlu mengecek legalitas perusahaan ekspedisi. Perusahaan yang sudah profesional dibuktikan dengan adanya dokumen legalitas. Selain itu, kredibilitas perusahaan ekspedisi juga patut dipertimbangkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya testimoni / feedback dari pelanggan lama yang telah berpengalaman dalam bertransaksi di jasa ekspor. Jika kebanyakan dari mereka mengeluh, hindari menggunakan ekspedisi. Pilih jasa kurir bintang lima yang memiliki rekam jejak yang baik dan berpengalaman dalam melayani pelanggan secara profesional.

Mudah Dihubungi dan Respon Cepat

Salah satu bukti / tanda bahwa jasa kurir memang terpercaya adalah cara mereka menjawab setiap pertanyaan dan kebutuhan Anda. Jika dari awal sudah lama meresponnya, kemungkinan besar perkembangan barang Anda juga akan berjalan lambat. Selain itu, jika sulit dihubungi, Anda juga akan kesulitan melacak dan memantau kemajuan pengiriman. Jangan biarkan pembeli Anda diteror oleh nomor kwitansi Anda yang terlambat dan masalah besar lainnya.

Media yang dapat Anda gunakan untuk menghubungi jasa kurir adalah melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram. Untuk skala yang bonafid, Anda dapat menghubungi mereka melalui kontak yang tersedia di situs web kurir. Nah, jika Anda tidak memiliki media sosial dan website, bisa dipastikan jasa kurir tersebut masih belum kompeten di bidangnya atau malah palsu.

Pelayanan Yang Memuaskan

Anda dapat melihat kualitas kurir dari cara mereka melayani Anda. Layanan kurir yang berkualitas selalu mengutamakan kenyamanan dan kepercayaan pelanggannya. Karena itu, pilih ekspedisi yang aktif dan komunikatif. Pastikan juga mereka benar-benar memahami kebutuhan Anda sebelum Anda menitipkan barang Anda kepada mereka.

Sistem Terlacak

Berhubung Anda mengekspor barang ke China, dipastikan jarak yang ditempuh sangat jauh dan butuh waktu berhari-hari untuk sampai di tujuan. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih jasa kurir yang dapat dilacak melalui website atau aplikasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menanyakan asal barang Anda ke pihak pengiriman.

 Jaringan / Jangkauan Luas

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum mengekspor barang ke China adalah memperhatikan jaringan jasa kurir tersebut. Apakah jasa kurir yang Anda gunakan bekerja sama dengan vendor pengiriman lain? Dengan kerjasama ini maka barang yang Anda kirim akan terjamin dan bisa dipastikan mendarat dengan selamat di negara tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar