Jumat, 19 Februari 2021

Selektif Membeli Bibit Ikan Koi Premium yang Unggul

 

Mencari bibit ikan berkualitas perlu kita terapkan supaya tidak merugi dan memberikan hasil seperti yang diharapkan. Dan untuk itu juga, demikian dengan pencarian bibit ikan koi kali ini. Di mana kita perlu melakukan seleksi untuk mendapatkan bibit ikan koi yang berkualitas.



Mungkin pada umumnya kita mengenal ikan koi itu cirinya berwarna putih, merah, hitam. Tapi kalau masih dalam keadaan bibit, perwujudan bentuk ikan koi ini masih sulit dibedakan. Berbeda dengan bibit ikan nila, lele, gurame, belut, mas, koi, patin. Apalagi untuk membedakan ikan yang sehat dan tidak, pastinya lebih sulit untuk dikenali.

Ciri Bibit Ikan Koi Berkualitas

Tapi meski sulit, hal itu tidak masalah. Sebab ada berbagai cara untuk membedakan bibit ikan koi berkualitas dengan menggunakan cari kali ini. Dan untuk mengetahui langsung saja, ini lah ciri bibit ikan koi berkualitas.

Bentuk Tubuh

Hal pertama perlu kita perhatikan untuk mendapatkan benih ikan koi berkualitas adalah dari bentuknya. Bentuk simetris dengan body padat berisi adalah diantara ciri ikan koi yang bagus. Untuk detail bentuk yang menjadikan ikan koi ini sempurna, kita perhatikan garis punggung, sirip, serta kepala.

Garis punggung melengkung sewajarnya menjadi ciri ikan koi sempurna. Selain itu, bentuk kepala juga memengaruhi dengan bentuk tidak masuk ke dalam, dan terakhir bagian sirip kalau tidak lengkap maka kualitas dari ikan koi tersebut jelek.

Warna Pola

Untuk ciri selanjutnya supaya bisa membedakan mana ikan koi berkualitas dan mana yang tidak adalah dengan melihat pola warnanya. Ikan koi yang bagus biasanya mempunyai bentuk warna yang seimbang. Anda perlu selektif saat membeli dari yang jual bibit ikan.

Di mana ada perpaduan yang membuat ikan koi terlihat fantastis. Untuk warnanya sendiri, ikan koi yang berkualitas mempunyai warna dengan dominasi warna itu sendiri. Contohnya seperti warna putih, merah, dan seterusnya, di mana warna tersebut jernih dan tidak tercampur sama lain.

Sedangkan mengenai kombinasi, ikan koi yang dicap bagus mempunyai corak seimbang dengan bagian warna satu sama lain tidak bisa mengotori. Contoh saja, jika ikan koi berwarna putih, maka corak yang dihasilkan dari kepala sampai ekor harus putih. Dan untuk selingannya atau kombinasi dibagian tubuh dengan perpaduan warna lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar