Senin, 26 April 2021

Apa dan Bagaimana cara kerja IUD tembaga?

 

IUD adalah singkatan dari Intrauterine Device - metode kontrasepsi yang diletakkan di dalam rahim Anda. IUD non-hormonal adalah sepotong kecil plastik fleksibel berbentuk T yang dililitkan tembaga. Itulah mengapa disebut juga dengan IUD tembaga.

Dari sumber : tundakehamilan.com, IUD non-hormonal menggunakan tembaga untuk mencegah kehamilan. Sperma tidak menyukai tembaga - ini mengubah cara sel sperma bergerak sehingga mereka tidak dapat berenang ke sel telur. Jika sperma tidak dapat mencapai sel telur, kehamilan tidak dapat terjadi.

Salah satu hal mengagumkan tentang IUD adalah bahwa IUD dapat bertahan selama bertahun-tahun, tetapi tidak permanen. Jika Anda memutuskan ingin hamil, atau jika Anda tidak ingin memiliki IUD lagi, perawat atau dokter Anda dapat mengeluarkannya. Setelah AKDR dilepas, kesuburan Anda kembali normal.

Apa saja jenis IUD non-hormonal?

Hanya ada satu merek IUD tembaga di A.S. Ini disebut IUD Paragard. Itu berlangsung hingga 12 tahun.

Namun, Anda tidak harus tetap menggunakan IUD selama 12 tahun - IUD Anda dapat dicabut kapan pun Anda mau. Jika AKDR Anda akan kedaluwarsa tetapi Anda ingin tetap menggunakan AKDR, perawat atau dokter Anda dapat menggantinya.

Apa manfaat IUD non-hormonal?

IUD tembaga sangat bagus untuk mencegah kehamilan, dan sepenuhnya bebas hormon. Jadi ini adalah pilihan yang baik untuk orang yang lebih memilih kontrasepsi non-hormonal, atau tidak dapat menggunakan metode dengan hormon karena alasan medis.

IUD tembaga unik karena dapat digunakan sebagai kontrasepsi darurat - cara untuk mencegah kehamilan SETELAH hubungan intim tanpa kondom. IUD Paragard adalah bentuk kontrasepsi darurat yang paling efektif. Jika Anda memasukkannya dalam 120 jam (5 hari) setelah melakukan hubungan intim tanpa kondom, lebih dari 99,9% efektif melawan kehamilan. Dan Anda dapat membiarkan IUD tembaga Anda untuk terus mencegah kehamilan selama yang Anda inginkan, hingga 12 tahun.

Ada banyak manfaat lain untuk IUD juga. Mereka sangat nyaman - setelah IUD tembaga dipasang, Anda tidak perlu memikirkan tentang kontrasepsi hingga 12 tahun. IUD juga merupakan salah satu metode pengendalian kelahiran paling efektif yang bisa Anda dapatkan. Mereka lebih dari 99% efektif dalam mencegah kehamilan. Tetapi jika Anda memutuskan ingin hamil, AKDR Anda dapat dilepas kapan pun Anda mau dan kesuburan Anda akan segera kembali normal.

Apa kerugian dari IUD non-hormonal?

IUD non-hormonal (tembaga) dapat membuat menstruasi Anda lebih berat dan menyebabkan kram, terutama dalam 3-6 bulan pertama. Dan Anda mungkin mengalami kram IUD saat pertama kali memasang IUD. Bagi banyak orang, efek samping ini menjadi lebih baik setelah tubuh Anda terbiasa dengan IUD. Jadi jika Anda bisa bertahan selama beberapa bulan, kemungkinan besar efek sampingnya akan mereda. Baca lebih lanjut tentang efek samping.

Kram selama menstruasi dengan IUD tembaga adalah hal yang normal. Tetapi jika kram Anda sangat parah dan obat bebas tidak membantu, bicarakan dengan perawat atau dokter Anda. Sebaiknya hubungi perawat atau dokter Anda jika Anda masih mengalami kram IUD yang parah setelah satu tahun, atau Anda mengalami nyeri atau kram IUD saat Anda tidak sedang menstruasi - ini bisa menjadi tanda IUD Anda telah pindah, dan mereka mungkin ingin memeriksa untuk memastikannya masih ada.

IUD adalah salah satu cara paling efektif dan nyaman untuk mencegah kehamilan, tetapi tidak melindungi Anda dari infeksi menular. Jadi gunakan kondom dengan IUD Anda setiap kali Anda berhubungan intim untuk menurunkan kemungkinan tertular atau menyebarkan PMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar