Rabu, 05 Mei 2021

Tips Tidak Kena Diabetes Bagi Setiap Orang

 

Diabetes adalah penyakit dimana tubuh memiliki kadar gula darah (glukosa) yang tinggi. Gangguan yang terjadi dalam tubuh biasanya di sebabkan oleh kemampuan tubuh yang menurun karena tidak bisa menyerap glukosa dengan baik. Sehingga glukosa yang ada akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan diabetes

Saat kadar gula darah melebih 200 mg maka orang tersebuit bisa di katakan mengalami diabetes. Sedangkan pada orang normal gula darah puasa berkisar antara 100 hingga 125 dan gula darah puasa 140 hingga 149.

Seseorang dengan gula darah tinggi pada stadium awal biasanya tidak menimbulkan gejala sama sekali. Biasanya, seseorang mengunjungi dokter setelah timbul komplikasi penyakit baru akibat diabetes.  Untuk itu obat diabetes herbal sangat berperan untuk mengurangi resiko diabetes.

Skrining pada tubuh atau medical check up rutin merupakan salah satu upaya untuk memperhatikan kondisi tubuh. Semakin dini diabetes terdeteksi maka semakin cepat dan mudah bagi dokter untuk mengontrolnya, karena hingga saat ini diabetes belum sembuh total.

Seperti yang kita ketahui, diabetes memiliki beberapa klasifikasi. Diabetes tipe 1, terjadi ketika sistem kekebalan pasien menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin, yang mengakibatkan peningkatan kadar gula darah.

Diabetes tipe 1 terjadi karena faktor genetik dari pasien itu sendiri, yang perlu diingat adalah diabetes yang diderita oleh orang tua tidak diturunkan secara melintang, sehingga setiap anak bisa berisiko terkena diabetes.

Anak dengan diabetes orang tua 6 kali lebih mungkin terkena diabetes, sedangkan anak dari orang tua diabetes dan obesitas 11 kali lebih besar kemungkinannya untuk terkena diabetes, oleh karena itu setiap orang wajib untuk menjaga gaya hidup walaupun orang tuanya tidak mengidap diabetes.

Lain halnya dengan diabetes tipe 2, diabetes tipe 2 merupakan tipe diabetes yang paling umum, karena terjadi karena faktor gaya hidup. Penyakit ini biasanya di sebabkan oleh tubuh yang tidak bisa peka terhadap insulin sehingga tidak bisa memanfaatkan insulin dengan efektif.

Sedangkan Gestational Diabetes, ditemukan pada tubuh ibu hamil akibat perubahan hormonal yang menyebabkan gula darah tinggi, namun akan kembali normal setelah ibu menjalani persalinan.

Seseorang dapat terhindar dari penyakit diabetes atau yang biasa disebut diabetes dengan beberapa cara, seperti:

Menerapkan pola makan yang sehat.

Pada dasarnya setiap hari kandungan gula yang bisa dikonsumsi kurang lebih 25 - 50 gram, garam 1 sendok teh dan lemak hanya 4 sampai 5 sendok makan per hari.

Olahraga dan aktivitas fisik.

Olahraga penting dilakukan karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin. Menurut WHO, olah raga yang baik adalah 30 menit per hari dan 5 hari dalam 1 minggu, sehingga jika ditotal adalah 150 menit dalam 1 minggu. Dan jangan terlalu membuat tubuh anda terasa kecapean saat melakukan olehraga ini. Semua jenis olahraga bisa dilakukan dan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tubuh pasien.

Pertahankan berat badan ideal.

Anda harus menerapkan pola makan yang sehat sebagaimana yang banyak di anjurkan oleh dokter, penderita diabetes yang bisa menjaga pola makan mereka akan cenderung lebih mudah untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

MCU atau medical check up merupakan salah satu cara pencegahan dimana pemeriksaan awal dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Dengan adanya skrining maka akan lebih mudah untuk menemukan, mendiagnosis dan mengobati seseorang yang mengidap diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar