Senin, 05 Juli 2021

Kenali Berbagai Jenis Pakan Ikan untuk Pertumbuhan Ikan yang Baik

Seperti makhluk hidup pada umumnya, ikan juga memiliki makanan yang terdiri dari beberapa jenis. Terlebih lagi jika ikan tersebut dikembangbiakkan untuk tujuan ternak. Pakan yang diberikan harus tepat serta memiliki dosis yang benar.

Pakan ikan merupakan sumber utama kebutuhan hidup ikan selain kondisi air. Salah memberi pakan menyebabkan ikan bisa kekurangan gizi dan mati. Pakan ikan juga tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. 

Ragam Jenis Pakan Ikan

Berikut ini adalah beberapa jenis pakan ikan yang harus anda ketahui terutama jika anda suka beternak ikan.

1.Pakan Alami

Jenis pakan yang cocok ternak ikan atau bibit udang vaname adalah pakan alami. Pakan ini diperoleh dari alam dan memiliki banyak kandungan protein serta vitamin yang bagus untuk pertumbuhan ikan supaya maksimal. Pakan alami bisa berupa cacing, ulat, kutu air, plankton, dan keong.

Anda bisa menciptakan pakan alami dengan melakukan beberapa trik di air kolam sebelum bibit ikan dimasukkan. Biasanya untuk memmperoleh kutu air, air kolam dibiarkan selama seminggu sehingga kutu air bisa berkembang biak.

2.Pakan Utama

Jenis pakan ini merupakan pakan yang harus dipenuhi karena dibutuhkan untuk tujuan ternak ikan. Biasanya pakan utama sudah diolah sedemiakian rupa sehingga mengandung berbagai zat yang dibutuhkan ikan supaya tetap sehat. Adapun kandungan yang terdapat dalam pakan utama yaitu karbohidrat, mineral, vitamin, dan protein.

3.Pakan Tambahan

Pakan tambahan kerap disebut sebagai pakan sampingan. Seperti namanya, pakan ini diberikan pada ikan sesekali saja dan ditujukan supaya badan ikan lebih besar. Contoh pakan tambahan adalah ayam tire, sayuran, ikan runcah, dan lainnya. Jenis pakan tambahan tergantung dari ikan yang dibudidayakan.

4.Pakan Buatan

Jenis pakan ikan ini dibuat serta diolah sesuai dengan kebutuhan. Pakan buatan bisa berupa buatan pabrik maupun buatan sendiri. Bahan-bahan untuk membuat jenis pakan ini adalah dedak halus, tepung daun, tepung kedelai, dan tepung jagung.

Sedangkan pakan buatan yang dibuat dari bahan-bahan hewani yaitu tepung darah, minyak hati, tepung ikan, minyak ikan, dan lainnya. Pakan ini juga cocok untuk bibit ikan nila lele gurame mas koi belut gabus.

Itulah berbagai macam dan jenis pakan ikan untuk pertumbuhan ikan yang baik dan perlu anda kenali. Dengan pakan yang bergizi usaha anda akan cepat berkembang dan berhasil.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar