Sabtu, 18 September 2021

Misteri Gunung di Jawa Barat Yang Bikin Merinding

 

Pegunungan di Jawa Barat memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan pesonanya mampu mengundang ribuan wisatawan untuk mendaki ke sana. Namun dibalik keindahannya, ternyata pegunungan di Jawa Barat ini memiliki cerita misteri yang belum banyak diketahui orang.

Peristiwa mistis ini sering dirasakan oleh sebagian pendaki. Mulai dari penampakan yang dikira makhluk halus, tersesat, hingga hal di luar nalar pernah dialami oleh para pendaki gunung di Jawa Barat. Meski tak banyak yang percaya kejadian ini nyata.

Inilah kisah mistis pegunungan di Jawa Barat dan mitos gunung yang pernah terjadi di sana.

Gunung Salak

Banyak sekali kejadian mistis di Gunung Salak. Kisah mistis Gunung Salak sudah muncul sejak zaman penjajahan Belanda. Kejadian mistis ini meningkat ketika beberapa pesawat jatuh, jatuh, dan bahkan menghilang di Gunung Salak. Para pendaki mengaku sering melihat penampakan tentara, bayangan hitam, dan harimau bermata lebar saat mendaki. Kunjungi blog dari helo bray untuk membaca banyak informasi lainnya.

Konon kawasan pemakaman Mbah Gunung Salah di puncak Gunung Salak I merupakan tempat yang paling mistis. Ada prasasti Jawa yang artinya perempuan dilarang mendekat dan tidak sopan. Tak hanya itu, di Gunung Salak juga terdapat desa setan yang konon merupakan tempat bersarangnya hantu.

Gunung Ceremai

Gunung Ceremai memang indah. Apalagi gunung ini memiliki dua kawah yang cukup membuat para pendaki penasaran. Meski begitu banyak sekali kejadian misterius yang terjadi di gunung ini.

Konon kejadian mistis di sini karena ada tokoh-tokoh penting dalam sejarah masa lalu yang pernah lewat di Gunung Ceremai. Misalnya sosok Nyi Linggi dan 2 macan tutul yang konon mati di puncak saat bertapa di Batu Lingga.

Kejadian mistis ini ditambah ketika diketahui beberapa pendaki mendengar suara kuda meringkik dan suara gamelan di malam hari. Konon suara kuda yang meringkik adalah suara kuda tentara Jepang yang mati di puncak. Sedangkan suara gamelan adalah suara musik makhluk gaib yang hidup di Gunung Ceremai.

Tak hanya itu, dugaan penampakan kuntilanak dan bayangan hitam juga kerap mengganggu pendaki.

Gunung Gede

Gunung ini memiliki pemandangan yang indah mirip film luar negeri. Banyaknya tumpukan edelweis yang mekar di surya kencana menjadi awal dalam pendakian di gunung ini. Namun tahukah Anda bahwa Surya Kencana adalah spot paling mistis di Gunung Gede.

Peristiwa mistis dan absurd kerap dialami para pendaki saat hendak berkemah di Surya Kencana. Konon di sinilah Pangeran Surya Kencana bersemayam. Ia dan para jin menjadikan alun-alun Surya Kencana sebagai tempat tinggal.

Petisi atau singgasana Pangeran Surya Kencana sendiri diketahui berbentuk batu besar berbentuk pelana di tengah alun-alun Surya Kencana ini.

Konon pendaki yang berbuat baik tidak akan mengalami kejadian mistis di sini, namun jika sering berbicara kasar, mengeluh, dan buang air sembarangan, biasanya mereka akan mengalami kejadian mistis.

Salah satu pendaki Gede sendiri mengalami kejadian mistis saat buang air kecil di hutan dekat area camping Surya Kencana. Ia melihat penampakan kupu-kupu raksasa dan serigala yang hampir menerkamnya. Kemudian beberapa orang lain melihat orang tua berpakaian abu-abu dan kuntilanak di atas pohon.

Gunung Halimun

Dalam istilah Sunda, Halimun berarti 'kabut'. Konon nama ini dipilih karena Gunung Halimun sering berkabut, bahkan setiap saat. Gunung Halimun sendiri berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berdampingan dengan Gunung Salak yang terkenal mistis.

Tak kalah mistis dengan Gunung Salak, di Gunung Halimun juga banyak terjadi peristiwa mistis. Konon Gunung Halimun adalah benteng Kerajaan Siliwangi. Sehingga jika ada orang yang melintas di gunung ini konon akan mengalami kejadian mistis. Bahkan burung pun akan mati jika melewati wilayahnya. Insiden hilang dan kecelakaan pesawat terbang di Gunung bahkan terkait dengan insiden ini.

Meski begitu, peristiwa itu tidak sepenuhnya dipercaya oleh semua orang. Namun di sisi lain, para pendaki Gunung Halimun juga pernah mengalami kejadian mistis dan melihat penampakan menakutkan di Gunung Halimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar