Jumat, 10 September 2021

Penyebab Karat pada Knalpot

 

Sudah bukan rahasia lagi jika leher knalpot sangat mudah berkarat. Ini sudah wajar mengingat knalpotnya terbuat dari logam. Ketika oksidasi terjadi, karat akan muncul di permukaan.

Ditambah lagi knalpot merupakan komponen yang digunakan untuk mengalirkan gas buang dari sisa ruang bakar mesin. Selain itu, masih jarang pemilik sepeda motor memperhatikan knalpotnya karena letaknya di bawah.

Padahal dampak yang dihasilkan knalpot berkarat tidak sepele. Karat yang dibiarkan dapat menyebabkan knalpot bocor yang akibatnya dapat merambat ke bagian lain. Knalpot yang bocor akan membuat sirkulasi pendinginan mesin kurang bekerja.

Mesin akan menghasilkan panas berlebih dan komponen lain yang bisa rusak, seperti klep, busi, dan gasket buang. Apa penyebab karat cepat muncul pada knalpot motor?

Jarang Dibersihkan

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah karena Anda jarang membersihkannya. Kotoran sangat mudah menempel pada knalpot karena berada di bagian bawah. Saat musim hujan dan sepeda motor sering melewati genangan air bahkan banjir, pasir dan lumpur akan menempel.

Jika kotoran tidak segera dibersihkan maka akan menjadi kerak dan menimbulkan karat. Oleh karena itu, untuk menghindari karat, akan lebih baik jika Anda rutin mencuci sepeda motor, terutama saat musim hujan.

Sering terkena air hujan dan air laut

Knalpot juga lebih cepat berkarat jika sering terkena air hujan dan air laut. Padahal udara yang mengandung polusi tinggi di perkotaan juga bisa memicunya.

Air hujan dan udara akan menyebabkan oksida besi merah yang dikenal sebagai karat. Mengingat knalpot terbuat dari besi, karat akan lebih cepat muncul.

Kehadiran Uap Air di Pipa Knalpot

Saat knalpot mengeluarkan sisa gas emisi, akan muncul udara panas, tapi di knalpot ada pendingin. Saat pendingin bekerja dapat menyebabkan uap air dikeluarkan.

Jika ada masalah pada sistem pembuangan dan uap air tidak keluar atau terperangkap di dalam tabung knalpot, maka akan memicu terjadinya karat.

Mengetahui penyebab karat ini akan memudahkan Anda untuk mencegahnya. Namun jika ternyata karat sudah muncul apa yang harus anda lakukan? Apakah ada cara untuk menghilangkan karat dari knalpot?

Tips mudah menghilangkan karat knalpot

Tentu harus segera di bersihkan jika muncul karat di knalpot. Jika tidak maka akan menyebar ke seluruh area dan membuat keropos. Sebelum karat pada knalpot menumpuk, Anda perlu tahu cara menghilangkannya.

Anda bisa menghilangkan karat knalpot ini di rumah, jadi anda tidak perlu repot untuk ke bengkel. Berikut cara mudahnya

Menggunakan pasta gigi

Bahan pertama yang sangat sederhana dan selalu tersedia di rumah yaitu pasta gigi juga ampuh membersihkan karat pada knalpot. Anda bisa menggunakan jenis pasta gigi apa saja.

Cara pemakaiannya cukup sederhana, yaitu mengoleskan pasta gigi pada permukaan knalpot yang berkarat. Kemudian ratakan dengan sikat gigi dan tunggu beberapa saat. Usap pasta gigi bersih dan karat akan hilang. Pada tumpukan karat yang cukup tebal, Anda perlu mengoleskannya beberapa kali hingga bersih.

Hapus dengan Minyak

Stempel atau gemuk merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk melumasi dua mesin kendaraan dan juga efektif menghilangkan karat. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyalakan motor kemudian menunggu sampai knalpot memanas.

Oleskan saja grease pada area karat yang muncul secara menyeluruh. Lanjutkan menstarter kendaraan karena karat akan meleleh dengan sendirinya bersama dengan minyak pelumas. Cara ini bisa menghilangkan karat yang menumpuk sangat tebal. Matikan kendaraan dan tunggu sampai knalpot mendingin untuk menghilangkan bekas karat yang meleleh.

Menggunakan Oli Bekas

Jika Anda menservisnya di bengkel resmi, mintalah sedikit oli bekas karena bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Anda tidak perlu mengeluarkan uang jika menggunakannya dan bisa dilakukan tanpa harus melepas komponen knalpot.

Caranya tidak jauh berbeda dengan aplikasi minyak gemuk di atas. Nyalakan kendaraan dan biarkan mesin memanas kemudian oleskan oli bekas ke area knalpot yang berkarat. Karat juga akan meleleh dengan minyak.

Menerapkan Krim Khusus Pembersih Karat

Susah mendapatkan gemuk atau oli bekas? Alternatif lain adalah dengan menggunakan krim khusus untuk menghilangkan karat. Anda bisa membeli krim spesial ini dengan harga yang sangat murah dalam ukuran kecil.

Namun cara menggunakannya sedikit berbeda karena harus melepas knalpot terlebih dahulu. Lanjutkan dengan mengampelas semua bagian knalpot hingga bersih, bukan hanya bagian yang terkena karat.

Setelah itu bilas dengan air dan keringkan. Krim baru bisa dioleskan ke bagian yang berkarat. Diamkan sejenak dan siram knalpot dengan bensin. Karat akan hilang dan knalpot kembali kering. Pasang kembali knalpot saja.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimalanda bisa menggunakan layanan RUSTPRO. Layanan ini merupakan jasa yang akan memberikan perlidungan bebas karat dari mobil anda yang bekerja sama dengan Dokter Mobil Indonesia. Layanan ini memberikan garansi 8 tahun pemakaian karena menggunakan cairan rubber yang sangat aman dan memiliki ketahanan yang lebih lama. Langsung saja kunjungi website resminya https://domorustandprotection.com/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar