Jumat, 31 Desember 2021

Pertanyaan yang Harus Anda Tanyakan pada Diri Anda Sebelum Mengupgrade PC

 

Upgrade sangat penting untuk kinerja PC agar tidak ketinggalan. Era yang semakin modern dan banyak software membutuhkan hardware yang handal.

PC mungkin tampak mudah untuk diupgrade, tetapi juga jangkauan untuk mendapatkan upgrade yang salah. Setiap peningkatan PC berbeda, harus memiliki perencanaan dah pengetahun untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Mengapa Saya Harus Meng-upgrade PC?

Sebelum Anda mengupgrade PC Anda, ada baiknya untuk memikirkan harapa anda nanti setelah mengupgrade PC Anda. Apabila anda hanya ingin memiliki PC yang lebih, Anda mungkin akan kecewa di kemudian hari. Sangat banyak uang yang Anda keluarkan.

Prosesor, Memori, Penyimpanan, dan Kartu Grafis, semuanya dapat membuat PC Anda terasa lebih cepat, atau setidaknya sedikit lebih cepat. Tapi Anda tidak bisa hanya memilih salah satu dari mereka secara acak, dan berharap untuk mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan.

Ketahui dulu masalah apa yang ingin Anda pecahkan. Apakah program Anda membutuhkan waktu lama untuk dijalankan? Apakah frame rate dalam game terlalu rendah? Apakah PC lag saat Anda mengerjakan beberapa aplikasi? PC terlalu panas atau berisik? Di perlukan peningkatan yang berbeda dengan adanya masalah yang berbeda.

Dan sekali lagi, terdapat berbagai peningkatan yang layak dilakukan. Beralih dari HDD ke SSD akan memiliki efek nyata pada setiap komputer. Setidaknya itu akan mengurangi waktu boot. Selain itu, RAM yang lebih besar akan memberikan kinerja yang lebih baik.

Intinya, jika Anda ingin meningkatkan sesuatu, Anda harus selalu bertujuan untuk memecahkan masalah tertentu dengan solusi tertentu. Jika ingin menemukan berbagai artikel menarik seputar teknologi kunjungi https://tedas.id/.

Apakah Yang Saya Tingkatkan Bermanfaat?

Setelah Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan, Anda harus bertanya pada diri sendiri, apakah yang Anda upgrade itu layak?

Pertanyaan pertama, apakah masalah Anda benar-benar masalah perangkat keras? Pembersihan pada PC yang mulai berjalan lambat atau menunjukkan masalah. Memperbarui Sistem Operasi dan Driver, menyingkirkan program startup yang tidak diinginkan, dan menghapus semua file usang dapat membantu.

Jangan pernah mengabaikan kebersihan perangkat keras. Membersihkan debu di sekitar ventilasi udara PC Anda akan membantu mencegah panas berlebih dan dapat membantu mengurangi kebisingan kipas.

Kedua, Apakah komputer Anda masih layak mengeluarkan uang untuk upgrade yang sederhana, terjangkau, dan mudah diterapkan, seperti menambahkan RAM? Mungkin itu membantu, bahkan pada sistem yang lebih lama.

Tetapi jika Anda memikirkan sesuatu yang lebih besar, seperti mengganti CPU, maka Anda mungkin mempertimbangkan apakah lebih baik membeli PC baru. Upgrade satu komponen dapat menyelesaikan masalah Anda, atau setidaknya mengurangi kemacetan di area tertentu.

Mana yang Harus Saya Tingkatkan?

Setelah jelas apa masalah Anda, Anda harus menentukan solusi yang tepat. Ada empat bagian yang selalu diperhatikan untuk diupgrade, RAM, Hard Drive, Processor (CPU), Graphics Card (GPU). Anda juga dapat melakukan hal lain, seperti mengupgrade motherboard.

Anda bisa mempersempit pilihan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dirasakan saat mengupgrade part ini:

RAM, mungkin bisa membantu anda mengatasi masalah program yang berjalan lambat, browser yang sering crash saat membuka banyak tab, lag saat input, sistem menjadi tidak responsif, atau program besar seperti photoshop menjadi lambat.

Hard Drive, mungkin bisa membantu Anda jika game dan aplikasi benar-benar lambat loading, butuh waktu lama untuk menyimpan atau meng-unzip file besar, boot up memakan waktu lama, atau hard drive menjadi berisik ketika RAM terbatas.

CPU, mungkin berguna jika file video atau audio lambat untuk dijalankan, kinerja berkurang saat multitasking, lag pada input, atau CPU sedang beroperasi pada suhu tinggi.

GPU, mungkin membantu jika bingkai dalam game retak, ketidakmampuan untuk memainkan game pada pengaturan yang lebih tinggi, atau suhu yang sangat tinggi pada GPU Anda saat ini.

Kita dapat mengambil sebagai titik awal, fakta bahwa SSD paling lambat akan lebih cepat daripada HDD, jadi jika Anda memiliki masalah dengan hard drive yang lambat, upgrade ke SSD akan menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar