Kamis, 13 Januari 2022

Bagaimana Tips Belajar Di Rumah Agar Bisa Efektif

 

Sering merasa malas saat belajar di rumah sendiri? Yuk simak beberapa tips belajar di rumah agar bisa efektif yang sudah saya tuliskan berikut ini.

Belajar di rumah sendiri sekarang ini hampir menjadi rutinitas sehari-hari yang harus dihadapi setiap pelajar di Indonesia. Dengan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, membuat proses belajar mengajar harus dilakukan dari rumah. Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa tips belajar dari rumah agar bisa berjalan dengan efektif yang bisa anda lakukan.

Tips Belajar Di Rumah Sendiri Agar Dapat Efektif

Untuk anda yang mungkin sering merasa bingung saat ingin memulai belajar sendiri dari rumah. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips belajar di rumah agar bisa efektif yang bisa anda lakukan.

Desain Ruangan Belajar Yang Nyaman Versi Kamu Sendiri

Yang pertama anda harus bisa mendesain ruangan belajar yang nyaman versi kamu sendiri. Sebab mungkin salah satu alasan kenapa anda malas belajar di rumah adalah karena bosan dengan lingkungan belajar. Untuk itu, cobalah untuk mendesain ulang ruangan belajar agar bisa nyaman versi kamu sendiri. Misalnya dengan belajar di halaman belakang, teras rumah dan sebagainya.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Gadget

Berikutnya, anda harus membatasi penggunaan gadget. Seperti yang kita ketahui, salah satu alasan kenapa kita menjadi malas belajar di rumah adalah karena terlalu asyik sendiri dengan menggunakan gadget. Untuk itu, anda jangan terlalu sering menggunakan gadget.

Agar aman dan tidak terlalu sering menggunakan gadget, anda bisa mengatasinya dengan cara menyalakan mode airplane atau menyalakan mode silent saat belajar di rumah. Dengan begitu, anda tidak akan terlalu sering memantau gadget dan terganggu dengan notifikasi-notifikasi berisik yang ditimbulkan dari gadget tersebut.

Membuat Jadwal Belajar

Tips belajar di rumah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat jadwal belajar sendiri. Dengan memiliki jadwal belajar, tentu saja anda bisa disiplin dalam belajar. Tanpa adanya jadwal yang jelas, tentu saja anda dapat lalai dan malas dalam menyelesaikan berbagai macam tugas yang diberikan selama proses belajar dari rumah.

Selain itu tanpa adanya jadwal belajar dan kegiatan yang jelas, mungkin anda akan malas untuk mulai belajar. Anda akan lebih asyik bermain dengan smartphone, bermain dengan teman dan sebagainya. Untuk itu, anda harus memiliki jadwal belajar yang jelas agar bisa disiplin dalam mengatur waktu.

Membuat Catatan Sendiri

Selanjutnya, tips belajar di rumah yang harus anda terapkan adalah dengan cara membuat catatan belajar sendiri. Membuat catatan belajar tidak selamanya bisa dilakukan dari sekolah, sebab anda juga bisa membuat catatan belajar sendiri terkait materi-materi penting yang harus diingat saat belajar sendiri di rumah.

Belajar Sambil Mendengarkan Lagu

Memang pola belajar orang-orang berbeda, ada yang suka belajar dengan ketenangan ada juga yang belajar sambil mendengarkan lagu. Nah untuk itu, anda bisa mencoba belajar sambil mendengarkan lagu kesukaan. Dengan begitu, mungkin mood anda untuk belajar bisa terbentuk dengan sempurna.

Anda juga bisa menyiapkan cemilan yang bisa menemani proses belajar sendiri di rumah. Dengan begitu, anda tidak akan merasa lapar saat sedang belajar di rumah. Misalnya dengan membeli kentang goreng, kacang goreng dan sebagainya. Lakukanlah apapun yang bisa membentuk mood belajar anda.

Belajar juga bisa melalui online. Salah satunya adalah dengan belajar di ballet games. Disana Banyak soal-soal matematika dari SD sampai SMA yang bisa anda jawab, selain itu juga ada skor yang didapatkan diakhir, setelah selesai menjawab soal sehingga menjadi tolak ukur anda, apakah kalian sudah paham dengan materi tersebut atau tidak.

Nah itulah bagaimana tips belajar di rumah agar bisa efektif, semoga informasi ini dapat membantu anda agar bisa semangat belajar sendiri dari rumah selama masa pandemi seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar