Minggu, 02 Januari 2022

Cara Kerja AC Mobil

 

Sistem pendingin udara kedap udara. Atau saya harus mengatakan bahwa itu bertekanan dari dalam oleh refrigeran (gas AC). Setiap produsen mobil menentukan tekanan gas yang dibutuhkan dalam manual bengkel. Ini umumnya antara tiga sampai empat pon. Mari kita lihat apa yang dilakukan semua komponen ini agar Anda paham saat menjelaskan masalah AC Anda ke bengkel ac mobil terdekat.

Seperti namanya, kompresor memampatkan gas AC untuk diubah menjadi cairan dan mendorongnya melalui saluran refrigeran. Karena sistem diberi tekanan di area ini, ini disebut "sisi tinggi".

Kondensor adalah penukar panas seperti radiator yang membantu mendinginkan zat pendingin saat dipanaskan selama siklus kompresi. Di dalam kondensor, refrigeran melewati didinginkan oleh udara yang menyembur melalui kondensor.


 

Katup ekspansi adalah pembatasan dalam pipa. Ini memisahkan area tekanan tinggi dan tekanan rendah dari sistem AC. Saat refrigeran cair melewati katup ini dan memasuki area bertekanan rendah, ia berubah kembali menjadi gas.

Dalam keadaan gas, refrigeran memasuki pengering. Ini menghilangkan kelembaban dari refrigeran.

Gas dingin kering dilewatkan melalui evaporator. Evaporator adalah satu-satunya komponen sistem AC yang dipasang di bawah dashboard. Kipas AC ini kemudian meniupkan udara melalui inti evaporator untuk mendinginkan udara panas. Udara ini kemudian dihembuskan ke kabin melalui ventilasi udara. Pertukaran panas selesai dan refrigeran terus kembali ke kompresor untuk memulai proses dari awal lagi.

Bertanya-tanya mengapa AC mobil Anda tidak dingin seperti dulu? Sekarang setelah Anda mempelajari cara kerja AC mobil, Anda pasti sudah memiliki beberapa ide untuk memperbaikinya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda periksa ketika AC mobil Anda tidak dingin secara efektif atau penumpang Anda mengatakan bahwa AC mobil Anda kurang dingin.

Ini adalah hal pertama yang harus Anda periksa karena ini juga yang paling mudah dilakukan. Filter kabin membersihkan udara yang mengalir ke kompartemen penumpang. Beberapa di antaranya bahkan memiliki sifat anti bakteri.

Namun, seiring waktu, mereka tersumbat, terutama jika Anda mengemudi di lingkungan yang berdebu. Biasanya terletak di bawah area glovebox, jadi periksa dan ganti jika terlihat kotor. Mereka cukup murah.

Tekanan gas pendingin rendah: Sistem AC adalah unit bertekanan tetapi tidak 100% anti bocor. Beberapa tekanan gas mungkin bocor keluar dari sistem selama beberapa tahun. Ketika ini terjadi, kompresor tidak bekerja dengan baik.

Sama seperti segala sesuatu di mobil, ada keausan pada sistem AC juga. Refrigeran atau kompresor dapat aus dalam jangka waktu tertentu. Ketika ini terjadi, akan sulit untuk berubah menjadi gas dari keadaan cair.

Hal ini mengakibatkan pendinginan yang kurang efektif. Pertama, coba ganti refrigerant (Freon R-134a) tetapi jika itu tidak mengatasi masalah, maka periksakan kompresor ke teknisi.

Pengontrol suhu pada mobil saat ini sebagian besar elektronik. Mereka tidak sering gagal tetapi ketika mereka melakukannya bisa sulit untuk mendiagnosisnya. Pada kebanyakan mobil, pemindaian ECU sederhana akan menemukan kode kesalahan.

Jika Anda tidak memiliki pemindai, coba letakkan pengontrol suhu di pengaturan yang berbeda untuk melihat apakah itu menghasilkan perubahan suhu. Jika Anda mendiagnosis kesalahan di dalamnya, mintalah teknisi listrik mobil untuk memeriksanya. Membeli suhu terkontrol sekarang akan menjadi pilihan terakhir Anda. Lihat video ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah ini:

Kompresor AC memiliki kopling elektromagnetik. Kopling ini mengaktifkan dan melepaskan kompresor untuk mempertahankan tekanan refrigeran yang tepat dalam sistem. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda menekan pedal gas sepenuhnya ke bawah, kopling kompresor ac terlepas. Itulah mengapa disarankan untuk mengemudi dengan lancar untuk pendinginan yang tepat di saat cuaca panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar