Kamis, 24 Maret 2022

Cara Menggunakan OBS Studio

 

OBS Studio merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi Anda yang gemar streaming live video dari smartphone dan juga editing video dari berbagai platform yang berbeda-beda. Jadi, dengan OBS Studio Anda bisa membuat berbagai konten Youtube, terutama konten tutorial karena kemampuannya menangkap layar smartphone. Lalu, bagaimana cara menggunakan OBS Studio?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan OBS Studio, beberapa di antaranya adalah Streaming, Editing, dan bahkan Sharing Video. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara mendetail dengan OBS Studio. Berikut adalah ulasannya dari bettermind.id.

Cara Menggunakan OBS Studio

1. Untuk Streaming

Untuk bisa Live Streaming menggunakan OBS Studio, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

·       Buka Google Play Store dan download OBS Studio.

·       Buka OBS Studio dan silakan pilih Live Stream.

·       Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih platform apa yang ingin Anda gunakan untuk Live Stream. OBS Studio sendiri menyediakan beberapa pilihan seperti Youtube, Vimeo, dan Daily Motion. Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda.

·       Kemudian, tap pada Video Quality Preference

·       Di sini, Anda akan melakukan pengaturan terhadap berbagai parameter video seperti brightness, sharpness, softness, dan juga beberapa hal lainnya. Jika sudah memilih, silakan Tap pada tombol Next.

·       Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengatur kualitas Audio saat streaming. Pilihlah kualitas Audio paling atas, yakni 4D. Tujuannya agar suara Anda terdengar jelas saat proses streaming nanti.

·       Jika sudah dipilih maka silakan tap pada tombol OK.

·       Live Streaming pun dimulai.

·       Anda akan mendapatkan link live streaming Anda di pojok kanan bawah. Link tersebut bisa Anda bagikan ke orang lain agar mereka bisa melihat live stream Anda.

Perlu diingat bahwa video live streaming tidak bisa diedit karena langsung ditampilkan saat rekaman. Bagi Anda yang ingin mengunggah video ke Youtube versi editan, silakan ikuti langkah kedua.

2. Menggunakan OBS Studio untuk mengedit video

·       Buka OBS Studio

·       Tap pada menu Record

·       Pilih kualitas video rekaman. Silakan pilih 4K untuk kualitas terbaik dan tap pada tombol Next

·       Kemudian, silakan pilih jumlah frame per second, pilih 40 fps, tap pada tombol Next

·       Pilih kualitas Audio, pilihlah kualitas 4D. Lalu tap pada tombol OK.

·       Silakan buat video streaming layar ponsel Anda.

·       Setelah rekaman selesai, Anda akan langsung diarahkan ke interface pengeditan.

·       Di sana, ada banyak fitur pengeditan yang bisa Anda coba termasuk cut and trim video, merge video, saturation adjust, brightness, contrast, dan lain sebagainya. Silakan pilih editan sesuai kebutuhan Anda.

·       Tap pada Export untuk mengolah hasil editan menjadi file baru.

·       Setelah proses export selesai, silakan tap pada Share.

·       Lalu pilih platform apa yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih Youtube, Vimeo, atau Dailymotion. Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda.

·       Tap pada Upload, selesai!

Kemudahan dalam penggunaannya juga membuat OBS Studio begitu diminati oleh banyak pengguna smartphone. Selain itu, OBS Studio juga memiliki banyak fitur pengeditan yang biasanya hanya ada di aplikasi berbayar Android. Namun, OBS memberikannya secara gratis dan durasi pengeditan videonya pun tidak ada batasnya. Anda bisa mengedit video berdurasi panjang sekalipun tidak ada masalah.

Tak hanya soal gratisnya, OBS Studio juga memiliki interface yang mudah dimengerti bahkan oleh orang awam. Alhasil, Anda tidak perlu repot-repot belajar dari awal karena interfacenya mudah untk dipelajari sendiri. Dengan mengetahui cara menggunakan OBS Studio ini, diharapkan Anda bisa lebih kreatif dalam menciptakan konten media sosial. Selamat mencoba!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar