Sabtu, 02 Juli 2022

Jangan Tertipu, Begini Cara Memilih Psikolog yang Tepat

 

Sering dianggap sepele, menjaga kesehatan mental itu penting. Tanpa disadari, berbagai masalah hidup bisa membuat kita stres. Jika tidak segera ditangani, akan berdampak pada kesehatan mental. Oleh karena itu, dibutuhkan peran psikolog yang tepat sebagai 'sahabat' untuk curhat.

Hanya saja disini kita tidak bisa sembarangan memilih psikolog. Mengingat, tidak sedikit kasus psikolog palsu yang merugikan banyak orang. Dan tentunya hal seperti ini membuat kita harus lebih berhati – hati lagi dalam memilih psikolog terbaik. Lantas, bagaimana cara memilih psikolog yang tepat? Agar tidak tertipu, berikut cara memilih psikolog yang tepat:

Tentukan, psikolog apa yang kita butuhkan

Salah satu langkah awal yang perlu diperhatikan adalah memilih psikolog yang tepat sesuai kebutuhan kita.

Misalnya, anda membutuhkan psikolog untuk menangani berbagai masalah emosional dengan diri sendiri. Atau apakah Anda membutuhkan psikolog untuk menemukan cara dalam hal pernikahan, hubungan, dan beberapa masalah lainnya?

Jika kita mengetahui apa yang dibutuhkan akan memudahkan kita menemukan psikolog atau terapis yang tepat.

Pastikan psikolog memiliki gelar

Setelah mengetahui apa yang kita butuhkan, cara memilih psikolog selanjutnya adalah dengan memastikan gelar yang dimiliki psikolog. Seperti yang kita ketahui, seorang psikolog seharusnya sudah lulus S1 jurusan psikologi, dan melanjutkan S2 psikologi. Oleh karena itu, pastikan psikolog yang Anda pilih memiliki gelar psikologi, atau M.Psi, Psikolog.

Psikolog berlisensi

Tidak hanya dari gelar, licensi yang di miliki oleh seorang psikolog harus resmi. Pada dasarnya psikolog yang tepat dan terpercaya pasti akan terdaftar di Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

HIMPSI merupakan lembaga resmi yang memberikan sertifikasi, dan Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP) bagi psikolog. Jadi, untuk memastikan kita memilih psikolog yang tepat, mintalah kepada psikolog untuk mengurus sertifikasinya.

Periksa ulasan

Untuk meyakinkan anda dalam memilih psikolog terbaik, tak ada salahnya mengecek review dari orang-orang. anda bisa mencoba mencari referensi dari banyak orang yang mungkin sudah berkonsultasi terlebih dahulu untuk bahan pertimbangan.

Selain itu, kita juga bisa mencoba mencari review kita sendiri di internet; baik website atau media sosial psikolog yang akan dituju. Biasanya psikolog yang baik akan mengisi halaman website atau media sosialnya dengan konten positif dan informasi yang jelas, berdasarkan fakta dan data.

Mungkin terdengar sulit, tetapi berbekal ini akan membantu kita menemukan psikolog yang tepat dan terpercaya.

Coba berkosultasi dahulu di awal

Jika anda sudah mengunpulkan beberapa psikolog yang anda rasa cocok, tahapan selanjutnya anda bisa berkonsultasi dahulu di awal. Untuk melakukan langkah ini, anda bisa melakukan sesi konsultasi awal ini lewat online secara gratis.

Coba tanyakan bagaimana prosedur konsultasi yang diberikan, biayanya, dan bagaimana prosesnya. Dari sini akan membantu kita untuk mendapatkan ide; apakah psikolog yang dipilih sudah tepat, atau sebaliknya.

Kemudian, kita juga harus melakukan pengecekan ulang; apakah mereka mendengarkan selama cerita, atau apakah mereka menilai dan mengabaikan kita?

Jika tidak cocok atau tidak nyaman, disarankan untuk mencari psikolog lain. Namun jika anda sudah merasa nyaman, tidak ada salahnya untuk melanjutkan.

Nah, itulah beberapa pertimbangan dalam memilih psikolog yang tepat. Ini mungkin terdengar rumit, tetapi metode ini penting untuk menemukan psikolog terbaik yang dapat memberi kita solusi. Jika anda membutuhkan rekomendasi terbaik, anda bisa membuka link psikolog jogja untuk memilih psikolog yang cocok untuk anda. Semoga membantu!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar