Rabu, 25 Januari 2023

Fakta Yang Jarang Diketahui Tentang Microsoft Word

Tidak dapat dipungkiri, Microsoft Word adalah aplikasi Office yang dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Baik anak sekolahan maupun orang dewasa akan menggunakan aplikasi ini untuk mengerjakan tugas, membuat laporan, membuat resume, dan banyak lagi. Namun, ternyata banyak hal-hal tentang aplikasi Word ini yang jarang diketahui umum.

5 Fakta Rahasia Microsoft Word

Pengguna umum Microsoftword biasanya hanya paham cara-cara membuka dokumen baru, mengetik teks yang diperlukan, mengganti ukuran font dan kertas, dan menyimpan file word. Tetapi tahukah kamu, ternyata ada hal-hal menarik yang dapat kamu lakukan di aplikasi ini? Simak artikel kami berikut ini untuk tahu lebih lanjut tentang rahasia Ms. Word..

Resume Assistant

Untuk kamu para pencari kerja, terdapat fitur khusus yang dapat membantu kamu membuat resume. Banyak lowongan kerja yang lebih memilih resume yang menggunakan template dan Word bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuat resume. Fitur ini dikenal sebagai Resume Assistant.

 

Untuk menjalankannya, cukup klik tab Review dan kemudian pilih Resume Assistant. Fitur ini didukung oleh LinkedIn. Pilih tombol “Get Started” lalu ikuti petunjuk pada tab di sebelah pinggir untuk menyelesaikan resume. Tersedia berbagai contoh untuk macam-macam pekerjaan dan bidang yang mungkin menarik untuk kamu.

Mengedit File PDF

Tanpa perlu repot-repot menggunakan aplikasi khusus PDF, kamu sebenarnya bisa mengedit file PDF melalui Word. Lebih disarankan untuk menggunakan fitur ini pada file yang banyak teksnya dibandingkan gambar.

 

Nah, cara mengedit file PDF di Word, kamu hanya perlu buka tab File > Open dan pilih PDF yang ingin kamu edit. Akan muncul pop-up yang mengatakan bahwa Word akan membuat salinan PDF dan mengubah isinya menjadi format yang dapat ditampilkan. File aslinya tidak akan berubah. Tekan tombol ‘Ok’ dan selesai, sekarang kamu dapat mengedit file tersebut.

Smart Lookup

Opsi ini tersedia melalui Insight Pane yang didukung oleh Bing. Fungsinya adalah membantu menawarkan berbagai informasi saat kamu sedang memilih kata atau frasa. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa menunjukkan definisi, artikel wiki, dan bahkan pencarian teratas yang terkait dengan apa yang ingin kamu tulis..

 

Cara menggunakannya, pilihlah kata atau frasa dalam dokumen, lalu klik kanan dan geser ke bagian Smart Lookup. Pilih opsi tersebut. Kemudian akan muncul panel terpisah dengan berbagai hasil untuk dilihat. Jika kamu perlu melihat lebih lanjut, kamu dapat klik untuk membukanya di browser.

Quick Parts

Terkadang, ketika bekerja, akan lebih nyaman rasanya apabila ada hal-hal kecil yang dapat otomatis kita masukkan tanpa perlu mengetik ulang. Nah, fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat galeri template yang dapat digunakan kembali di dokumen lain atau dokumen baru.

 

Konten dari Quick Parts antara adalah nama Anda, alamat perusahaan, dan lainnya. Untuk melihat daftar lengkapnya, silakan klik tab Insert, lalu pilih Quick Parts. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat, menyimpan, dan mengaplikasikan kembali konten yang sudah kamu isi.

Mendikte Dengan Suara

Fitur yang satu ini tersedia apabila kamu berlangganan Microsoft 365. Kalau kamu berlangganan, coba optimalkan fitur ini. Pada dokumen baru, buka tab Home, lalu cari Dictate. Dari sana, klik tombol Dictate dan tunggu tombol menyala. Mulailah berbicara, fitur ini akan dengan otomatis mengetik teks untuk kamu. Sehingga jika kamu lelah ataupun malas mengetik menggunakan jari, maka kamu dapat mecoba fitur ini, karena seolah kamu dapat mengetik di word menggunakan suara.

 

Kalau ingin menyisipkan tanda baca, kamu cukup mengucapkan pilihan tanda baca dengan keras. Dan untuk memperbaiki kesalahan, kamu tinggal mengucapkan "urungkan" atau "hapus" atau "hapus kata … terakhir". Perintah format kata seperti misalnya "tebal", "miring", "garis bawah" juga berfungsi.

 

Demikian 5 fakta rahasia yang jarang diketahui oleh umum. Mulai gunakan fitur-fitur ini untuk membantu kamu dalam menggunakan Microsoft Word. Kalau kamu memerlukan lebih banyak informasi terkait aplikasi ini, kamu dapat cek ke Microsoftword.id.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar