Kamis, 17 Maret 2022

Perbedaan Warna Dari Hard Drive Seri Western Digital (WD)

 

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting bagi komputer karena berfungsi sebagai media penyimpanan. Dua dekade lalu, ada banyak merek hard drive di pasaran, tetapi karena satu dan lain hal, produsen hard drive menyusut menjadi dua, yaitu Western Digital (WD). ), Toshiba dan Seagate saja, kali ini kita akan membahas lini konsumen dari salah satu produsen harddisk yaitu Western Digital (WD).

Berbeda dengan kompetitornya, WD menggunakan sebutan warna untuk membedakan lini produk kelas konsumennya dimana setiap warna memiliki perbedaan dan pangsa pasar konsumen tersendiri, berikut penjelasan lengkapnya:

WD Blue (Komputasi Harian)

WD Blue merupakan harddisk terlaris bagi konsumen karena menyasar pasar komputasi harian, cocok untuk pengguna PC desktop rumahan yang menginginkan media penyimpanan data standar harddisk atau bagi anda yang membangun PC gaming dengan harga terjangkau bisa anda kombinasikan SSD untuk instalasi operasi sistem + hard drive WD Blue untuk instalasi game besar.

Untuk menemukan informasi lainnya, anda bisa mengunjungi portal teknologi KubikTekno yang menyediakan berbagai informasi seputar teknologi.

WD Black (Kinerja Tinggi)

WD Black merupakan hardisk yang tepat bagi anda yang menginginkan hardisk berperforma tinggi, selain memberikan kecepatan 7200 RPM untuk semua versi kapasitas, WD Black juga dilengkapi dengan ukuran cache yang besar yang dilengkapi dengan Dynamic Cache Technology, yang meningkatkan kinerja secara real time dengan mengalokasikan dan mengoptimalkan cache secara cerdas antara membaca dan menulis., garansi yang menyertainya juga lebih lama dari WD Blue.

WD Purple (Pengawasan Seperti CCTV)

Harddisk WD Purple ini hadir untuk kebutuhan pengawasan yaitu untuk DVR (Home CCTV, Office dll), Mesin Parkir Otomatis, Sistem Tiket Otomatis, dll. WD telah menghadirkan firmware khusus yang dioptimalkan untuk kebutuhan perekaman video dan telah bekerja sama dengan Berbagai produsen chipset DVR termasuk yang dilengkapi dengan teknologi Deep Learning (AI), tak hanya itu, mengklaim harddisk ini mampu memberikan daya tahan baca tulis hingga 360TB/tahun.

Sedikit catatan dari penulis tentang hardisk WD Purple rekondisi yang beredar di ol shop dan menanyakan apakah WD Purple bisa digunakan untuk kebutuhan komputasi biasa seperti gaming? jawabannya iya. Anda harus teliti saat membeli di online shop, karena dalam banyak kasus, Anda kecewa ketika mendapatkan hasil kesehatan di bawah 100%, karena data ini sangat penting, kami sarankan untuk membeli WD baru Hardisk biru.

WD Red, Red Plus dan Red Pro (NAS)

Baik pribadi maupun perusahaan besar atau kecil yang menginginkan media penyimpanan yang besar, maka NAS (Network Attached Storage) adalah pilihan yang ideal, tidak hanya menyediakan akses media penyimpanan data berukuran besar karena NAS itu sendiri dapat diakses oleh siapa saja (multi-user). NAS sendiri merupakan perangkat yang berisi banyak harddisk yang digabungkan menjadi satu dalam mode RAID, WD menghadirkan WD Red yang direkomendasikan untuk penggunaan NAS.

Seperti yang Anda lihat ada CMR dan SMR yang tidak ada pada hard drive biasa, kedua teknologi ini adalah teknologi disk yang digunakan, sebenarnya hard drive biasa menggunakan teknologi yang sama tetapi untuk NAS itu penting karena digunakan untuk perusahaan, sepertinya WD menggunakan SMR untuk varian rendah WD Red. SMR-end dikenal lebih efisien, menyediakan kapasitas yang lebih besar per disk tetapi kinerja yang disajikan terutama dalam mode RAID lebih lambat daripada CMR yang digunakan dalam varian WD Red lainnya.

WD Green (Dihentikan)

Varian dari WD yang awalnya hadir untuk harddisk berkapasitas besar yang hemat daya, akan tetapi versio ini tidak di lanjutkan oleh WD ini dan me-rebranding sisa harddisk dengan WD Blue. Karena sudah tidak bersambung lagi, kami tidak menyarankan untuk membeli harddisk ini lagi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar