Minggu, 14 Februari 2021

Merawat Printer Agar Tetap Awet Meski Printer Digunakan Setiap Hari

 

Printer merupakan sebuah alat yang tidak bisa lepas dari aktivitas kita, apalagi anda adalah seorang pekerja kantoran ataupun pelajar yang sehari-hari menggunakan printer untuk berbagai keperluan. Kemudian karena penting dan sering digunakan, printer bisa cepat rusak.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika printer merupakan alat untuk mencetak di atas lembaran kertas atau foto. Printer sebagai mesin cetak sangat diperlukan bagi kita yang membutuhkan alat cetak dokumen dalam aktivitas kita sehari-hari. Baik untuk pekerja kantoran, atau pelajar. Merawat printer sendiri adalah hal yang penting untuk dilakukan, lho!

Hal ini penting karena intensitas penggunaan printer yang kita gunakan setiap hari harus cukup tinggi, dan mau tidak mau membuat printer mudah rusak dan tidak tahan lama. Maka dari itu, merawat printer sebaik mungkin adalah hal yang tepat untuk kita lakukan.

Cara merawat printer agar awet

Ada beberapa cara untuk merawat printer Anda yang di rangkum dari Tepat.id. Dan inilah beberapa di antaranya:

Jaga Kebersihan Printer

Untuk merawat printer yang pertama bisa anda lakukan dengan menjaga kebersihan printer yang anda miliki. Hal ini penting karena jika tidak dibersihkan secara rutin, kemungkinan akan banyak kotoran atau debu yang menumpuk di printer Anda.

Dan bila kotoran atau debu tersebut tidak dibersihkan akan membuat printer anda rusak karena debu dan kotoran yang menumpuk. Misalnya printer mudah macet karena tersangkut debu dan kotoran yang ada.

Gunakan Printer Secara Rutin

Lalu, cara merawat printer kedua adalah dengan menggunakan printer secara rutin. Tahukah Anda, jika printer yang sering digunakan akan jauh lebih awet dibanding yang tidak! Hal ini dikarenakan semakin sering menggunakan printer maka semakin optimal pula performa printer yang anda miliki, sehingga semakin terbiasa digunakan sebagai printer.

Selain itu, bila printer sering digunakan akan mengurangi kemungkinan head printer menjadi kering akibat tinta. Dan ketika bagian head printer itu menjadi kering, maka akan sulit untuk digunakan kembali. Selain itu, area yang kering juga akan sulit dibersihkan.

Menjaga Kinerja Kartrid Secara Rutin

Cartridge merupakan bagian terpenting dari sebuah printer terutama untuk printer yang sering digunakan untuk mencetak berbagai jenis warna. Oleh karena itu, menjaga performa cartridge ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara menjaga performa cartridge secara rutin?

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat 4 (empat) buah lingkaran dengan warna berbeda yaitu hitam, merah, kuning, dan hijau di Microsoft Word. Kemudian cetak gambar yang telah dibuat melalui printer Anda dengan kualitas atau resolusi tertinggi (terbaik) pada pengaturan printer.

Dengan begini output yang keluar bisa menunjukkan apakah cartridge Anda masih bisa mencetak warna dengan maksimal atau tidak. Lakukan cara ini secara rutin selama 1 bulan atau minimal 2 bulan untuk melihat dan memantau performa cartridge printer Anda.

Gunakan Tinta Kualitas Baik untuk Mencetak

Kualitas tinta juga dapat mempengaruhi kinerja printer! Untuk itu disarankan menggunakan tinta yang berkualitas baik untuk dipakai pada printer. Selain itu, gunakan hanya satu merek tinta secara konsisten.

Jangan terlalu sering mengganti merk tinta yang Anda miliki karena dapat menyebabkan printer mudah rusak. Dan selain itu kerapatan masing-masing merk tinta juga berbeda-beda, sehingga membutuhkan waktu adaptasi yang lebih lama untuk sebuah printer dimana tinta yang anda gunakan selalu berubah-ubah.

Nah itulah beberapa cara merawat printer agar tetap awet. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar