Rabu, 02 Maret 2022

Cara Memilih Jasa Ekspedisi Cargo Terbaik Jakarta

 

Memilih jasa ekspedisi cargo murah Jakarta sangatlah penting untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan, mengandung biaya, dan meningkatkan layanan pelanggan secara keseluruhan. Namun, mereka hampir tidak cocok untuk semua, dengan beberapa kotak untuk dicentang saat berbelanja jasa logistik yang sempurna untuk melengkapi bisnis Anda. Karena solusi alternatif, seperti platform digital dan layanan logistik berbasis operator, terus diperkenalkan ke pasar, memilih mitra logistik juga menjadi semakin rumit.

1. Layanan Pelanggan & Keandalan Jasa Ekspedisi

Menurut Laporan Logistik Global 2018 dari firma riset industri Eye for Transport, pelanggan logistik layanan menuntut peningkatan yang signifikan dalam Pengalaman Pelanggan (22,22%), area kedua setelah Visibilitas (27,16%). Karena platform SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan) terus diperkenalkan ke pasar, pengirim belajar dengan cara yang sulit bahwa perangkat lunak tidak dapat memberikan tingkat layanan dan perhatian yang ditawarkan manusia. Operator juga mulai menawarkan layanan penerusan, tetapi kurangnya keahlian membuat tingkat layanan juga kurang.

Jika waktu pengiriman Anda sensitif, atau jika Anda tidak pernah ingin berada dalam skenario di mana Anda tidak dapat menerima bantuan jika (terus terang, tak terhindarkan) terjadi sesuatu yang tidak beres dengan pengiriman Anda, layanan pelanggan tingkat tinggi harus prasyarat minimum saat mempertimbangkan calon mitra jasa logistik.

2. Stabilitas Keuangan

Tanpa ragu, dunia pelayaran internasional selalu berubah. Untuk memastikan jasa logistik Anda dapat tumbuh dan beradaptasi dengan waktu, carilah mitra logistik yang cukup stabil secara finansial untuk menemani Anda dalam perjalanan. Teknologi Blockchain secara fundamental mengubah hampir setiap aspek perdagangan global, tetapi untuk saat ini, Anda dapat mengukur kecenderungan jasa logistik terhadap inovasi dengan menilai kualitas TMS (Sistem Manajemen Transportasi) dan WMS (Sistem Manajemen Gudang) mereka.

3. Reputasi

Rocker Joan Jett sangat keren, tetapi dia tidak mencoba membangun bisnis ritel. Saat memilah-milah mitra logistik potensial, Anda juga harus sangat peduli dengan "reputasi buruk". Lagi pula, reputasi Anda sendiri akan dipengaruhi oleh kompetensi, atau kekurangannya, dari rantai pasokan Anda, dan tidak ada harapan untuk sukses seperti kata-kata negatif dari mulut ke mulut di antara pelanggan Anda. Di sisi lain, reputasi yang baik adalah pemasar yang lebih baik daripada profesional pemasaran yang digaji—dan gratis. Cari ulasan positif, testimonial, dan umur panjang untuk mengonfirmasi bahwa penyedia jasa logistik pilihan Anda telah mendapatkan reputasi yang solid.

4. Bidang Keahlian

Sebagian besar jasa logistik berspesialisasi dalam jenis logistik tertentu, baik berdasarkan industri, moda transportasi, wilayah, atau kombinasi dari ketiganya. CAF Worldwide, misalnya, dapat mengoordinasikan pengangkutan dan pengurusan bea cukai dari segala jenis barang, termasuk barang berpendingin, tetapi mereka mengkhususkan diri dalam bergerak dengan mengenakan pakaian dan alas kaki. Ada keahlian dan pemahaman yang berbeda terkait dengan memindahkan pakaian dan alas kaki (pikirkan: barang palsu) daripada, katakanlah, bahan kimia berbahaya.

5. Hubungan

Bisa dibilang prinsip yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika mencari mitra logistik baru adalah hubungan mereka yang sudah ada, dengan jalur kapal uap, pejabat pelabuhan (longshoremen), dan forwarder lainnya. Itu karena, untuk jasa logistik, jaringan mitra pilihan yang kuat adalah tulang punggung layanan pelanggan yang konsisten dan luar biasa. Tanpa kemitraan masuk yang tepercaya, akan sulit untuk mengimbangi volume kargo, dan Anda bisa terjebak dengan tarif operator yang tidak menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar