Kamis, 31 Desember 2020

Cara Praktis Membuat Video Perjalanan

 

Saat ini dunia internet sudah memudahkan kita untuk membuat video layaknya profesional. uptodown.co.id menyediakan banyak aplikasi yang anda butuhkan. Ya dengan menggunakan ponsel anda sudah bisa membuat video yang bagus.

Saya tidak percaya hanya dengan ponsel pintar kita bisa mengambil gambar, mengedit, dan berbagi di media sosial kita. Praktis dan tidak banyak menyita waktu.

Belajar membuat video travel dengan smartphone

Dalam workshop kali ini kami mendapatkan sharing ilmu dari Kang Dudi. Awalnya Kang Dudi banyak memotret dengan menggunakan kamera, namun kini ia mahir menggunakan ponsel pintar untuk memotret saat traveling.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Anda menggunakan ponsel pintar? Ada kamera yang bagus dan juga bisa diedit di PC.

Menggunakan ponsel pintar lebih kompak dan lebih murah. Toh, kita hampir selalu memegang ponsel pintar. Jadi mungkin saja mengambil momen yang tepat kapan saja. Ditambah lagi, ponsel pintar masa kini mampu merekam dengan kualitas full-HD dan suara stereo. Lalu apa lagi?

Menurutnya, kita perlu memiliki 4 kemampuan untuk membuat video perjalanan menggunakan ponsel pintar:

·         Mampu mengoperasikan ponsel pintar

·         Mampu mengedit

·         Mampu membuat skrip

·         Mampu menerapkan

Jika sudah memiliki kemampuan ini sudah pasti proses pembuatan video perjalanan pasti akan lebih mudah.

Peralatan

Selain itu juga perlu memiliki peralatan yang memadai. Dalam hal ini tidak semua alat yang disebutkan diperlukan. Namun jika sudah lengkap akan lebih optimal dalam pembuatan video.

Ponsel pintar. Tentunya karena itu adalah alat utama dalam pembuatan video. Selain memotret, ponsel pintar juga digunakan untuk mengedit dan menyebarkan hasil video.

Tripod / Monopod / Tongsis / Kamera Stabil. Alat ini digunakan agar gambar stabil dan tidak goyah. Saya sendiri punya tripod untuk kamera DSLR dan ternyata bisa juga digunakan untuk smart phone (pakai holder L untuk meletakkan smart phone di tripod). Tripod juga akan sangat membantu untuk mengambil gambar menggunakan metode selang waktu. Jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar, Anda dapat membeli kamera yang stabil, yang akan membuat gambar Anda terlihat lebih halus.

Kontrol Jarak Jauh / Tomsis. Alat ini memudahkan untuk menekan tombol rekam dari jarak jauh.

·         Pemegang Tripod.

·         Mikrofon tambahan.

·         Perekam suara.

Teknik mengambil gambar

·         Tampilan jarak dekat

·         Tampilan jarak dekat dari aktivitas

·         Tembakan lebar

·         Tembakan samping

·         Tembakan di atas bahu

Tutup selama 10 detik per gambar. Tahan napas untuk mencegah gambar bergoyang (terutama saat Anda tidak menggunakan tripod).

Sebelum menyelesaikan pemotretan, periksa dulu hasil. Jika ada yang tidak begitu baik, coba lagi.

Mengedit materi

Usai berfoto, saatnya menyiapkan naskah dan bahan membuat video bagus yang bisa dinikmati penonton.

Pertama-tama, siapkan rekaman video. Pilih hasil yang bagus, tidak goyah, dan juga menarik.

Selanjutnya siapkan musik latar dan suara latar yang dapat mendukung video tersebut. Materi ini dapat ditemukan di YouTube, Bensound, Arsip Musik Gratis, Josh Woodward, dan banyak lagi. Tetapi Anda harus memperhatikan apakah Anda perlu menampilkan kredit ke web atau tidak.

Video edit aplikasi untuk smart phone

Aplikasi yang direkomendasikan adalah Kinemaster Pro. Aplikasi ini sangat mudah untuk di gunakan oleh semua orang. Hanya ada beberapa kekurangan dari Kinemaster Pro, selebihnya hampir sama dengan aplikasi editing lainnya.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi Legend. Legenda ini adalah aplikasi yang dapat membuat tulisan mewah sebagai video pembuka atau penutup. Ini membantu menutupi kekurangan dari Kinemaster Pro.

Jadi jangan ragu untuk menggunakan beberapa aplikasi untuk membuat video yang menarik dan bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar